PENERAPAN PEMBELAJARAN
MODEL STAD DENGAN VARIASI KUIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA
PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX A SMPN 1 CINEAM
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Salah satu bagian dari
mata pelajaran IPS Terpadu yang kurang diminati siswa dalam belajar IPS Terpadu
adalah materi Sejarah . Mayoritas siswa menolak dan menghindari materi sejarah,
alasannya siswa menganggap bahan ajar Sejarah itu sulit, banyak menghafal dan
kurang menarik karena cara penyampaiannya banyak dilakukan dengan ceramah
(cerita). Untuk menyikapi permasalahan tersebut, Guru harus memiliki beragam
kemampuan yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai. Salah satu tuntutannya adalah memiliki kreasi dan daya inovatif dalam
mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik siswa. Sehingga
pembelajaran yang semula dianggap sulit dan dianggap membosankan menjadi
menarik. Tidak hanya menarik tetapi yang utama adalah mampu meningkatkan
prestasi belajar siswa seperti yang tertuang dalam tuntutan kurikulum. Menciptakan
model pembelajaran yang menarik bagi siswa tidak mudah, perlu kecerrmatan dari
guru dalam menentukan dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik materi pelajaran yang akan diberikan (diajarkan) sehingga
tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Oleh karena itu, guru harus
menguasai beberapa jenis model pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan
lancar.
Tulisan Lengkapnya Bisa di DOWNLOAN DISINI