24 November 2016

Sejarah Perang Dunia I dan II




PERANG DUNIA I (1914-1918)

A. Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I
            Perang Dunia I terjadi dimulai tahun 1914 namun penyebab terjadinya perang sudah bisa kita lihat jauh sebelum tahun 1914. Untuk lebih lengkapnya kita tinjau sebab- sebab perang baik itu sebab khusus maupun penyebab umum dari Perang Dunia I.
a.Sebab-sebab Umum Perang Dunia I.
1.Pertentangan Antar Negara.
-     Antara Jerman dan Prancis.
      Setelah kalah dalam perang 1870, Prancis melakukan politik balas dendam terhadap Jerman.
-     Antara Jerman dengan Inggris.
-     Antara Jerman dengan Rusia.
-     Antara Rusia dengan Austria.
2.Politik Mencari Kawan.
Karena persaingan dan permusuhan keadaan di Eropa bertambah tegang, hal ini mendorong Negara-negara yang terlibat permusuhan berusaha mencari kawan /Skutu. Blok Jerman dengan Triple Aliantie bersekutu 3 Negara yaitu Jerman, Austria, Italia. Blok Pancis dengan Triple Etente terdiri dari 3 Blok yaitu Prancis Rusia Inggris.
            Dalam perkembangannya Bulgaria masuk Blok Jerman, karena kecewa terhadap Rusia, ketika perang Balkan II tahun 1913 Rusia tidak membantu Bulgaria, padahal Bulgaria adalah Negara ciptaan Rusia.Turki juga masuk Blok Jerman karena sejak dulu Rusia selalu mengancam Konstantinopel ibu kota Turki.
3. Perlombaan Senjata.         
            Perang belum meletus namun suasana tegang dan panas sudah mulai, mereka saling mencurigai,perasaan khawatir akan adanya saling menyerang, maka masing-masing negaraberusaha dengan cepat untuk memperkuat angkatan perangnya
            Mereka tidak mau kalah satu sama lain,maka timbulah perlombaan senjata. Inilah yang membuat keadaan menjadi bertambah panas.


Tulisan Lengkapnya   DOWNLOAD DISINI