13 February 2018

SEJARAH PENJAJAHAN BANGSA EROPA DI ASIA TENGGARA



 IMPREALISME BANGSA EROPA

DI ASIA TENGGARA




A. Jaman Penjelajahan Bangsa-Bangsa Eropa.

Di antara para penjelajah Eropa di Asia Tenggara adalah sebagai berikut:

a. Ordonico dari pardenone (1316-1330)
Keberangkatan dari Eropa tahun 1316 dan kembali tahun 1330. Perjalananya melalui pantai Koromandel Sumatera, Jawa, Kalimantan, Campa dan kemudian Kanton. Karangannya berjudul “Description Of  The East”. Isinya memberikan tentang kejelasan tentang apa yang telah dijelaskan oleh Marco Polo. Ia menyebut Sumatera, juga Lamori. Ia juga menyebut- nyebut adaptasi perkawinan dan kanibalisme penduduk. Mungkin ada benarnya karena menurut Ibn batutah masih ada manusia makan manusia.
Tentang Jawa antara lain diterangkannya ada seorang raja besar memerintah 7 (tujuh) orang raja kecil yang bersemayam di istana yang permai.

b. Yordanus dari Itali
Yordanus adalah seorang pendeta. Ia mengisahkan perjalanannya ke India dengan judul “The Wonder Of The East”. Diterangkan tentang penduduk yang menghasilkan rempah-rempah di Jawa, Sumetera dan Champa sekitar tahun 1330.

c. John Marignolli dari Florence
Ia seorang pendeta dari kota Florence, Italia. Melalui jalan darat ia mengembara sampai ke Cina (1342), kemudian kembali melalui perairan Asia Tenggara. Ia menceriakan tentang sabah yang dikuasai keum wanita. Ratu Sabah pernah memberi jamuan makan padanya. Buku nya diberi judul “AnnalsOf Bohemian”.

d. Nicolo de Conti dari Venezia (1420-1440)
Seorang pedagang dari Venezia. Ia mengembara ke timur selama 25 tahun (1420-1440). Ia melaawat ke Sumatera, jawa, Tenaserim (Birma Selatan) Arakan (daerah muslim di Birma), ia kembali ke Venezia melalui laut Merah, Kairo, Laut Tengah dan Venetia. Demi keselamatannya ia mengaku beragama Islam. Kisah perjalannya dicatat oleh Poegio Braciolini 9sekretaris paus Euginius).
Dalam catatannya itu ia menyebut- nyebut tentang Sumatera yang menurut pendapatnya penduduk menyebutnya “Sciamutera”. Daerahnya menghasilkan kapur barus, rempah-rempah dan emas. Orangnya masih kanibal. Ia juga menyebut tentang Andamaia, tanah Serim, Arakan dan Ava (Myanmar). Tentang Jawa hanya menyebut bahwa penduduknya suka menyambung ayam.

e. Hierenimo de Sano Stefano dari Genoa (1496)
Seorng pedagang dari Genoa Italia. Beliau berangkat pada tahun 1496, berlayar ke Malaka, kemudian terhanyut ke sumatera. Ia mencatat bahwa barang yang diperdaganggkan di sana (sutera, lada hitam, cabe, kemenyan, cendanaputih) dari Sumatera ia ke cambay di Gujarat.

f. Ludiviko de varthema dari bologna (1502)
Ia seorang pengembara dari Bologna (Italia) tahun 1502 ke Asia tengah melalui Mesir, Syria, Arab, Persia dan India. Dengan mengaku beragama Islam ia berhasil mengunjungi Mekkah. Dalam catatannya perjalanannya ia memperkenalkan “Malaka” sebagai “Bandar rempah-rempah besar”, yang penduduknya pada  waktu  itu  sudah  pandai  membuat  mesiu kebanyakan “Giavia” (Java). Menurutnya orang-orang Asia Tenggara menggunakannya ketika berperang dengan Portugis. Varthema juga melawat ke Banda, Maluku dan Kalimantan. Dan dari catatannya kemudian diterjemahkan kedalam berbagai bahasa. Dengan demikian mulailah masuk perdagangan dari Eropa pertama ke Asia tenggara. Ia merupakan orang eropa pertama yang berhasil mengunjungi tempat suci Islam.


Tulisan Lengkapnya silahkan di DOWNLOAD DISINI