16 January 2017

PTK IPS SMP MODEL STAD


PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STAD DENGAN VARIASI KUIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX A SMPN 1 CINEAM





BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Salah satu bagian dari mata pelajaran IPS Terpadu yang kurang diminati siswa dalam belajar IPS Terpadu adalah materi Sejarah . Mayoritas siswa menolak dan menghindari materi sejarah, alasannya siswa menganggap bahan ajar Sejarah itu sulit, banyak menghafal dan kurang menarik karena cara penyampaiannya banyak dilakukan dengan ceramah (cerita). Untuk menyikapi permasalahan tersebut, Guru harus memiliki beragam kemampuan yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu tuntutannya adalah memiliki kreasi dan daya inovatif dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik siswa. Sehingga pembelajaran yang semula dianggap sulit dan dianggap membosankan menjadi menarik. Tidak hanya menarik tetapi yang utama adalah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa seperti yang tertuang dalam tuntutan kurikulum. Menciptakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa tidak mudah, perlu kecerrmatan dari guru dalam menentukan dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang akan diberikan (diajarkan) sehingga tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Oleh karena itu, guru harus menguasai beberapa jenis model pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan lancar.

Tulisan Lengkapnya Bisa di DOWNLOAN DISINI