24 November 2016

Negara Maju Dan Bekembang

NEGARA  MAJU  DAN  NEGARA  BERKEMBANG

Kondisi geografis suatu wilayah merupakan salah satu faktor terjadinya perbedaan kondisi sosial ekonomi sebuah masyarakat atau negara. Kenyataan menunjukkan bahwa telah terjadi pengelompokkan-pengelompokkan berdasarkan sosial ekonomi, ada negara yang masih bergantung pada negara lain, ada yang sebatas mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, dan ada yang telah mampu memberi bantuan kepada negara lain. Kalian tentu pernah mendengar adanya kelompok negara maju dan kelompok negara berkembang. Banyak pandangan yang mengatakan bahwa negara maju adalah negara yang memiliki banyak kota metropolitan dengan bangunan atau gedung-gedung tinggi sebagai kawasan industri dan perkantoran, sedangkan  negara berkembang adalah negara yang umumnya bercorak agraris, karena masih banyak ditemui lahan pertanian yang luas dan subur.
Salah satu ciri dari negara berkembang adalah sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Kegiatan pertanian yang dilakukan masih menggunakan peralatan tradisional, dan mengandalkan tenaga hewan dan manusia. Negara maju juga masih mengenal pertanian meskipun hanya sebagian kecil saja. Tetapi perbedaannya terletak pada peralatan dan teknologi yang digunakan. Pertanian di negara maju menggunakan peralatan modern berupa traktor untuk mengolah tanah
Definisi Negara Maju Dan Berkembang.
Penggolongan suatu negara dikatakan maju atau berkembang salah satunya didasarkan pada keberhasilan pembangunan oleh negara yang bersangkutan. Suatu negara  digolongkan sebagai negara berkembang jika negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. Sedangkan suatu negara digolongkan sebagai negara maju jika negara tersebut telah mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan, sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud, baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik.
Pendapat lain menjelaskan bahwa negara berkembang adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan dan mengkategorikan negara-negara di dunia yang memiliki standar hidup relatif rendah, sektor industri yang kurang berkembang, skor Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada tingkat menengah ke bawah, serta rendahnya pendapatan perkapita. Negara yang dikategorikan sebagai negara berkembang adalah negara yang belum mencapai tingkat negara maju, tetapi bukan negara gagal (failed state). Dengan kata lain, negara berkembang berada di antara negara maju (tingkat teratas) dengan negara gagal (tingkat terendah). Negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih maju dibandingkan negara lain yang setingkat, tetapi belum mencapai tingkat negara maju disebut negara industri baru (newly industrialized country/NICs). Dengan kata lain, negara industri baru sedang berkembang mencapai tingkat negara maju tetapi belum cukup untuk disebut sebagai negara maju.                                
Lengkapnya DOWNLOAD DISINI