24 November 2016

Sejarah Revolusi Amerika, Inggris, Prancis



REVOLUSI AMERIKA 1776


A. Terbentuknya Koloni-Koloni Inggris di Amerika Utara.
            Bangsa Amerika yang sekarang ada, sebenarnya bukan penduduk asli benua tersebut, namun mereka adalah orang-orang Eropa yang datang ke wilayah tersebut sejak permulaan abad ke 16. Diantaranya mereka adalah dari Inggris  dan Prancis.
            Di Inggris terjadi penindasan oleh raja terhadap golongan Puriten, yaitu golongan yang tidak mau memeluk agama Anglikan . Mereka ingin kembali kepada agama yang mereka sebut Kristen murni atau Puritan. Karena raja menganggap bahwa golongan Puritan ini mengurangi kewibaannya, maka timbul larangan dan penindasan terhadap golongan Puritan. Mereka yang tidak mau tunduk kepada paksaan raja, terpaksa mereka pindah ke Amerika Utara untuk mencari kebebasan.
            Di Prancis juga timbul perang Agama antara golongan Protestan melawan pemerintah raja Prancisyang beragama Katolik, hal ini menyebabkan perang Hugenot. Hugenot adalah sekelompok kaum yang beragama Protestan. Mereka kaum Hugenot ini terpaksa pindah ke Amerika Utara untuk mencari kebebasan. Sehingga sekitar abad ke 17 terbentuklah koloni-koloni di Anerika Utara seperti : Virginia, Maesachuset, Carolina, Conecticut, New Hampshire, Maine, Maryland, New Jersey, dan Pensylvania.
Tulisan lengkapnya
atau   DOWNLOAD DISINI